Tugas Akhir Macromedia Flash 8 SMK Muhammadiyah 1 Lamongan

Konten ini untuk siswa Multimedia kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Lamongan, tugas Akhir macromedia Flash dari Pak Ayok ( Action Navigation ). Mungkin sudah banyak temen-temen yang sudah bisa tentang tugas ini, namun ada juga beberapa siswa yang belum mengerti tugas yang diberikan oleh Pak Ayok, Nah sekarang saya akan memberikan sedikit info tentang tugas akhir yang diberikan Oleh Pak Ayok sebelum waktu puasa kemarin. Tugasnya adalah sebagai berikut :

  1. Membuat Profil menggunakan Action Navigation dengan memakai Macromedia Flash 8. Pilihan yang diberikan yaitu : Pemain sepak bola atau pemain Musik (pilih salah satu)
  2. Isinya meliputi : Biodata, Video, Sejarah Karir, Selebihnya bebas.
  3. Data disimpan di CD menggunakan autorun ( jika CD dimasukkan otomatis file akan membuka ).
  4. Tugas dikumpulkan setelah Bulan Ramadhan.
Diatas adalah ketentuan yang harus dibuat oleh setiap siswa. Bagi temen-temen yang belum bisa membuatnya, mungkin karena tidak mengikuti pelajaran, atau dengan masalah yang lain sehingga belum mengerti cara membuatnya, Saya sarankan untuk mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengeahui bagaimana cara membuat Action Navigation.

Pertama buatlah sebuah Background ukurannya terserah anda, background bisa dibuat dari adobe Photoshop, Corel draw, atau yang lainya. Simpan file tersebut dengan format JPEG. Setelah anda buat Background, buatlah gambar tombol + Overnya. Seperti gambar dibawah ini.


Setelah background dan Tombol anda buat, Bukalah aplikasi Macromedia Flash 8. Aturlah ukuranya, Ukuran harus sesuai dengan ukuran Background yang anda buat. Misal ukuran background 800 x 600 pixel, maka ukuran yang anda gunakan di Macromedia Flash harus 800 x 600 pixel juga.

Setelah itu import file Background, tombol Normal + over ke library Flash.



Drag and drop Background ke lembar kerja Flash. Sesuaikan posisinya. Setelah itu buatlah layer baru, namai layer dengan nama tombol, dan juga ganti nama layer 1 dengan nama BG / Background. Pastikan layer yang sedang aktif adalah layer tombol, drag and drop gambar tombol normal ke lembar kerja flash, sesuaikan tempatnya. Nah setelah posisinya tepat, klik kanan gambar tombol >> Convert to symbol >> Pilih Button >> Ok. Klik dua kali gambar tombol, akan muncul gambar seperti dibawah ini.


Klik kanan pada Over >> Insert Keyframe. Masukkan gambar tombol over dan sesuaikan posisinya. Klik Scene 1 untuk kembali ke posisi awal. Nah sekarang Button ( tombol ) sudah jadi. Untuk mengecek tekan Ctrl + Enter.

Sampai disini sudah paham????

Anggaplah saja sudah. Hehehe….jika belum mengerti baca lagi langkah diatas dengan teliti.

Setelah itu kita akan membuat Navigasi yang berguna untuk memindah halaman, dengan kata lain jika tombol di klik maka akan pindah ke halaman yang dimaksud.

Langkahnya seperti berikut :

Klik kanan gambar yang akan kita buat tombol >> Action. Pastikan script Assist dalam keadaan aktif, jika belum aktif, klik disebelah kanan atas pada kotak action.


Setelah script assist aktif, klik goto, lalu pada pilihan goto and play & goto and stop, pilih goto and stop. TARIIIK NAFAS……..BUANG PELAN2…..hehe… ambegkan sek rek….Nah setelah anda pilih goto and stop pada frame tentukan nomor frame yang akan ditujukan tombol. Misal anda akan menuju ke frame 50, maka anda juga harus ketik 50 pada kotak frame……..Jelas?????


Nah sekarang action navigation sudah jadi, untuk melihat hasil, silahkan tekan Ctrl + Enter. Mudah khan???????

Cara diatas adalah cara sederhana untuk membuat Aktion navigation, namun dalam tugas yang dikumpulkan anda harus mengembangkan sendiri sesuai desain anda…….Sekian dari saya jika ada yang kurang jelas tulis pertanyaan pada kotak comment. Atau temen-temen bisa bertanya langsung pada pak Ayok pada website beliau atau bisa bertanya di sekolah. Sekian dari saya dan semoga apa yang telah saya tulis bisa membantu. Terima Kasih....

1 komentar:

Astri Dwi Sasanti mengatakan...

ayo posting tutorial flash yang lain mas :D

Posting Komentar

 
ALDYAN BAGUS © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects